LAPORAN BISNIS PLAN
TUGAS KOMUNIKASI BISNIS
Disusun Oleh :
STEVIA NURBAITI UTAMI RITONGA 15.832.0043
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS MEDAN AREA
MEDAN
2018
BAB 1
Executive Summary
Kami adalah kelompok usaha yang bergerak dibidang usaha jasa makanan dan minuman. Adapun ditahap pertama kami memberi nama usaha kami UMA COFFEE, yang berarti kopi unik,mantap abis. Usaha ini bergerak khusus dibidang usaha minuman kopi dan minuman lainnya sebagai pelengkap kopi. Melalui penyaluran kemampuan (skill) dan kretifitas, kami mampu memberikan rasa sesuai dengan pemikiran yang diinginkan konsumen dengan cara menampung ide-ide dari para konsumen. Tidak hanya itu, kualitas dari rasa setiap biji kopi akan selalu disesuaikan dengan standart perusahaan.
Saluran pendistribusian produk dan jasa ini djalankan dengan berbagai cara seperti secara online (Twitter,Facebook,Instagram,dll.), via sms, email, dan sebagainya. Kami juga mempunyai tempat yang terletak pada lokasi strategis dipusat kota agar para konsumen maupun calon konsumen tetap yang tertarik untuk menikmati secangkir kopi di coffee shop kami dapat mengunjungi dan memesan produk dan jasa yang kami tawarkan, dan apa yang menjadi keunggulan dan keuntungan mengkonsumsi produk dan jasa kami. Sehingga orang-orang tertarik dan mencoba apa yang kami tawarkan.
Perkiraan penjualan untuk bulan pertama awal usaha yaitu untuk black coffee, harga rata-rata produk adalah 15.000,- pergelas. Dengan target penjualan 100-200 gelas dalam sehari. Dan ditargetkan dalam satu bulannya mendapatkan lebih dari 2000 gelas serta peningkatan sebesar 30% untuk bulan-bulan berikutnya.
A. Latar Belakang Usaha
Munculnya industri coffee shop yang pesat saat ini membawa dampak baru kedalam gaya hidup konsumen. Makna coffee shop saat ini mengalami pergeseran, dimana mengunjungi coffee shop bukan hanya sebagai tempat untuk melakukan aktivitas konsumsi, namun coffee shop juga dapat digunakan sebagai tempat mengisi waktu luang, rapat kerja, dan bertemu kerabat. Seiring berkembangnya industri ini, coffee shop di Indonesia mengalami banyak perubahan khususnya perubahan konsep sehingga marak bermunculan coffee shop bernuansa modern yang disesuaikan dengan gaya hidup konsumen saat ini. Dengan adanya suatu gaya hidup baru yang diciptakan oleh generasi saat ini, menarik persaingan industri coffee shop kedalam suatu tingkat baru dimana yang terbaiklah yang dapat bertahan dalam persaingan maka, perusahaan harus dapat bertahan di dalam persaingan. Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan agar dapat sukses dalam persaingan adalah berusaha untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Pelanggan merupakan faktor terpenting bagi perkembangan suatu perusahaan karena tanpa pelanggan perusahaan tidak akan dapat menjalankan kegiatan usahanya. Oleh karena itu, perusahaan dituntut untuk dapat memberikan sesuatu yang berharga dan dapat memberikan kesan yang baik kepada pelanggan. Salah satu faktor yang berharga dan dapat memberikan kesan yang mendalam bagi pelanggan adalah memberikan kepuasan melalui kinerja pelayanan.
Melihat tingginya permintaan minuman kopi di Indonesia, ingin lebih mengembangkan ilmu serta memperkenalkan kopi sumatera dan melihat pasar minuman kopi masih sangat layak untuk dikembangkan, maka pelaku usaha tertarik mendirikan usaha berbasis kopi. Sengaja mengunsung konsep yang sederhana dan modern untuk menghadirkan konsep berbeda dan fleksibelitas lokasi usaha.
B. Tujuan Prospek Usaha
1. Menciptakan lapangan pekerjaan
2. Memberikan tempat yang nyaman untuk bersantai
3. Memberikan ruang belajar yang nyaman untuk para pelajar dan mahasiswa/i
4. Memberikan suasana baru untuk para konsumen
5. Mendapatkan profit yang menguntungkan
6. Menumbuhkan semangat kewirausahaan dalam diri pengusaha guna menciptakan usaha baru secara professional dan terlatih
BAB 2
Deskripsi Perusahaan
A. Profil Usaha
Nama Usaha : UMA Coffee
Alamat Usaha : Jalan Dr.Mansyur no.47
Bidang Usaha : Pejualan Kopi
Jenis Produk : Bermacam-macam Jenis Kopi
Nomor Hp : 082272557257
Alamat E-mail : umacoffee18@gmail.com
Mulai Berdiri : 2018
Lokasi dan Fasilitas Usaha : Lokasi strategis, terletak didaerah kota Perbaungan, status bangunan sewa dan fasilitasnya lengkap.
B. Visi dan Misi Usaha
a. Visi Usaha
Menjadikan kedai kopi yang mampu berkompetisi secara sehat dan mempunyai daya saing yang tinggi serta memajukan kopi local sumatera.
b. Misi Usaha
1. Memberikan pelayanan yang berorientasi pada kepuasan konsumen
2. Menyajikan makanan dan minuman yang berkualitas dengan harga terjangkau
C. Waktu Operasional
UMA Coffee dibuka mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB yang mana segala kalangan dapat mengunjungi coffee shop kami saat waktu senggang seperti break lunch, atau sepulang sekolah mengerjakan tugas dari sekolah atau kampus.
D. Data Pemilik
Data Pemilik 1
Nama : Fikri Muhjizin
Jabatan : Owner
Tanggal Lahir : 28 Maret 1995
Alamat : Jalan Balam No.3b Medan Sunggal
No.HP : 085370360000
Data Pemilik 2
Nama : Himawan Ario Nugroho
Jabatan : Owner
Tanggal Lahir : 25 Desember 1995
Alamat : Jalan Bakti Indah No. 204 A Gaperta Ujung
No.HP : 081270416882
Data Pemilik 3
Nama : Stevia Nurbaiti Utami Ritonga
Jabatan : Owner
Tanggal Lahir : 02 Februari 1997
Alamat : Jln.Cinta Karya Gang.Kelapa no.15 Medan
No.HP : 082311348868
Data Pemilik 4
Nama : Ulfa Ovie Randa
Jabatan : Owner
Tanggal Lahir : 22 November 1996
Alamat : Yonkav 6/Karimata
No.HP : 085362021369
Data Pemilik 5
Nama : Riska Sukma Pratiwi
Jabatan : Owner
Tanggal Lahir : 20 Desember 1996
Alamat : Jalan Setia Gang.Keluarga No. 10 Medan
No.HP : 085664186505
Data Pemilik 6
Nama : Rika Aulia
Jabatan : Owner
Tanggal Lahir : 22 Desember 1996
Alamat : Manggala Jonson, Riau
Nomor Hp : 082385166252
Email : rikaraka85@gmail.com
BAB 3
ANALISIS INDUSTRI DAN PASAR
A. Analisis Industri
1. Produk yang dihasilkan
Produk yang dihasilkan dari usaha ini adalah berbagai jenis minuman yang berasal dari kopi dan minuman pendukung lainnya.
2. Keunggulan Usaha
a. Memiliki pasar yang luas
b. Omzet harian mudah didapat
c. Kualitas kopi terjamin
d. Menu kopi yang lengkap
e. Tempat yang nyaman
f. Harga rakyat dan Rasa pejabat
3. Analisis SWOT
a. Strength (Kekuatan)
1. Dekorasi tempat yang nyaman digunakan untuk mengerjakan tugas
2. Memiliki harga ekonomis
3. Wifi dan Music
4. Memiliki citra rasa produk kopi tersendiri
5. Menyediakan jasa roastingan kopi
6. Wilayah tempat yang strategis
7. Karyawan yang memiliki talent/bakat
8. Pelayanan cepat
9. Menggunakan sistem order langsung
10. Memiliki varian produk baru dalam kopi
b. Weakness (Kelemahan)
1. Lahan parkir yang kurang luas
2. Peralatan yang belum lengkap
3. Belum dikenal masyarakat
4. Variasi makanan ringan yang sedikit
5. Bahan baku kopi tidak dijual bebas di pasaran
6. Modal cukup besar untuk memulai usaha
c. Oppurtunity (Peluang)
1. Pasar penyuka dan pecinta kopi semakin berkembang
2. Kebutuhan Internet yang semakin meningkat dikalangan masyarakat (Akses Cepat)
3. Minimnya Coffee Shop yang menjual kopi dengan biji kopi asal Sumatera
d. Threat (Ancaman)
1. Semakin banyaknya bisnis baru dibidang yang sama dengan keunggulan yang berbeda-beda.
2. Kenaikan harga bahan baku karena terbatas
3. Muncul produk baru yang lebih unggul
B. Rencana Usaha
1. Langkah Persiapan Usaha
a. Riset pasar untuk menentukan selera pasar, konsep yang sesuai dan penentuan pasar potensial terbaik untuk usaha..
b. Menyiapkan racikan resep untuk dijadikan menu didalam usaha.
c. Mengurus perizinan usaha berjalan.
d. Menyiapkan tenaga kerja untuk pembuatan kopi dan pelayanan.
e. Menyiapkan sumber suplai bahan baku yang khusus diambil dari petani kopi langsung
f. Menyiapkan perangkat produksi minuman kopi lengkap sekaligus displaynya dalam kede kopi.
g. Menyiapkan produk minuman kopi, camilan dan makanan berat yang sesuai dengan pasar.
2. Strategi Pemasaran
a. Menentukan brand dan tranding dari produk usaha, termasuk penentuan kemasan, penataan eksterior untuk UMA Coffee dan penentuan seragam.
b. Langkah perkenalan dengan soft opening
c. Pembuatan akun instagram, facebook,twitter, dan website sebagai media promo
d. Perekrutan tenaga pemasar yang siap melakukan pemasaran online dan offline dalam mencari peluang promosi dalam beberapa event local.
e. Langkah perkenalan dengan harga promo yang disebar luaskan dengan beberapa informasi.
f. Langkah promosi dengan beberapa event promosi dan aktif dalam beberapa festival kuliner dalam kota dan aktif dalam event-event kampus dalam kota.
C. Aspek Pemasaran
a. SEGMENTASI
Mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengunjungi tempat ini mulai dari lapisan bawah, menengah, dan atas.
b. POSITIONING
Dengan menciptakan image yang baik dimata konsumen sebagai tempat yang ternyaman, berkualitas dan harga pas.
c. TARGETTING
Memberikan tempat yang nyaman untuk masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, dan sebagainya.
D. Marketing Mix 7P
1. Produk
Produk yang ditawarkan adalah jenis minuman berbau kopi. Dengan rasa yang bervariasi sesuai dengan permintaan konsumen. Disamping itu juga disajikan menu-menu minuman selain kopi dan beberapa makanan ringan untuk melengkapi saat bersantai.
2. Price
Harga di UMA Coffee terjangkau dan sangat bersahabat sesuai dengan kantong. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 15.000,- . Harga akan dipisahkan menjadi 2 yaitu harga member dan harga regular. Adanya fasilitas discount dengan membuat card member.
3. Place
Karena sasaran utama dari UMA Coffee ini adalah Mahasiswa UMA, maka tempatnya di sekitar kampus UMA. Desain tempat dibuat semenarik mungkin dengan tetap menonjolkan kenyamanan pengunjung.
4. Promotion
Strategi mengenai bagaimana usaha dapat dikenal oleh konsumen melalui beberapa cara :
Advertising (Iklan)
a. Social Networking : Twitter, Facebook, Path dan Instagram
b. Social Media : Whatsapp, BBM, dan Line
Sales Promotion
Dilakukan dengan cara promosi dari mulut ke mulut atau promosi langsung agar lebih banyak lagi konsumen yang mengetahuinya mengenai usaha ini.
5. Process
Untuk proses, dalam menyampaikan produk, pengunjung langsung memesan ke bagian kasir terlebih dahulu, setelah itu konsumen melihat menu yang sudah dipasang didekat kasir dan bar untuk memesan, selanjutnya pengunjung membayar pada kasir dengan cash, debit, dan cara pembayaran lainnya.
6. People
Barista merupakan ahli dalam menyeduh kopi, Koki bagian dapur dan Cashier menggunakan sistem part time.
7. Physical Evidance
Untuk menampilkan fisik pada kedai kopi menggunakan aliran nyaman sederhana. Konsep terdapat parkir, desain interior yang indah dipandang dan nyaman agar pengunjung merasa betah.
E. Perspektif Masa Depan
Dengan terciptanya perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan khususnya makanan dan minuman dengan lokasi yang strategis dan nuansa yang terkesan lebih santai membuat kami yakin usaha ini akan mengalami kemajuan yang signifikan seiring dengan kebutuhan para kaula muda dan mahasiswa akan tempat hang-out atau nongkrong.
F. Masalah Yang Potensial
Masalah potensial yang bisa terjadi di usaha ini, misalnya sebagai berikut :
1. Adanya komplen dari pengunjung/pelanggan
2. Adanya pelayanan yang kurang baik
3. Adanya karyawan yang datang terlambat
4. Adanya terjadi kesalahan dalam melakukan pembayaran
G. Resiko dan Hambatan
Resiko dan Hambatan yang dapat terjadi antara lain :
1. Banyaknya pengeluaran untuk reperasi alat dan jasa-jasa lainnya
2. Kerugian yang mungkin terjadi
3. Adanya pengunjung/pelanggan yang kabur tidak membayar
4. Mengeluarkan modal yang banyak dalam pendirian coffee shop
H. Tindakan Alternatif
Adapun tindakan-tindakan yang dapat dilakukan agar masalah-masalah, resiko dan hambatan tersebut dapat dicegah antara lain :
1. Berusaha menyajikan menu sesuai pesanan dengan rasa yang sesuai
2. Memberikan sanksi bagi karyawan yang tidak sopan dan sering terlambat
3. Menggunakan jasa reparasi yang murah atau bekerja sama dengan orang yang ahli
4. Mengurangi pengeluaran yang tidak perlu
5. Mencari tenaga kerja yang muda dan bertanggung jawab
6. Memberikan sanksi bagi pelanggan yang tidak membayar pesanan
BAB 4
PERENCANAAN PERMODALAN DAN LABA
A. Sumber Modal
Sumber modal awal pendirian UMA Coffee yaitu dari para owner/pemilik, serta dari investor yang ingin menanamkan modalnya di kede kami.
B. Perkiraan Finansial
1. Keuntungan dan Kerugian
Untuk menentukan coffee shop mengalami keuntungan atau kerugian, maka dilakukan pencatatan perkiraan laba-rugi dalam 1 tahun.
a. Proyeksi Laba-Rugi Coffee Shop sebagai usaha utama :
Penjualan Rp 300.000.000
Biaya Pokok Produksi :
Biaya Bahan Baku Rp 38.000.000
Bahan Penolong Rp 3.000.000
Upah Tenaga Kerja Rp 74.400.000
BOP Rp 2.000.000
Total Biaya Pokok Produksi Rp 117.400.000
Laba Kotor Rp 182.600.000
Biaya Umum :
Biaya Reparasi Rp 7.000.000
Biaya Sewa Tempat Rp 1.000.000
Biaya Sewa Mobil Rp 2.400.000
Biaya Listrik Rp 8.800.000
Biaya Gas Rp 5.000.000
Biaya Air Rp 5.600.000
Total Biaya Umum Rp 29.800.000
Laba Sebelum Pajak Rp 152.800.000
b. Estimasi Neraca
Perkiraan neraca UMA Coffee tahun pertama, yaitu :
UMA Coffee
NERACA
AKTIVA
Kas Rp 103.000.000
Tanah Rp 170.000.000
Bangunan Rp 100.000.000
Perlengkapan Rp 10.000.000
Peralatan Rp 25.000.000
Rp 408.000.000
PASIVA
Kewajiban :
Utang Usaha Rp 25.000.000
Utang Bank Rp 183.000.000
Ekuitas :
Modal Pemilik Rp 200.000.000
Rp 408.000.000
BAB 5
RINCIAN BIAYA
RINCIAN BIAYA
| |||||||
No
|
Nama Benda
|
Satuan
|
Jumlah
|
Harga
|
Total Biaya
|
Jenis
|
Keterangan
|
TEMPAT USAHA
| |||||||
1
|
Sewa :
| ||||||
Ruko
|
Unit
|
1
|
Rp 100,000,000.00
|
Rp 100,000,000.00
|
Small
|
Sesuai Wilayah
| |
PERALATAN BAR
| |||||||
1
|
Aeropress
|
Pcs
|
1
|
Rp 400,000.00
|
Rp 400,000.00
|
Manual Brewing
|
Standart
|
2
|
French Press
|
Pcs
|
3
|
Rp 140,000.00
|
Rp 420,000.00
|
Manual Brewing
|
Standart
|
3
|
Moka Pot
|
Pcs
|
2
|
Rp 495,000.00
|
Rp 990,000.00
|
Manual Brewing
|
Standart
|
4
|
V60
|
Pcs
|
2
|
Rp 100,000.00
|
Rp 200,000.00
|
Manual Brewing
|
Standart
|
5
|
Vietnam Drip
|
Pcs
|
3
|
Rp 145,000.00
|
Rp 435,000.00
|
Manual Brewing
|
Standart
|
6
|
Syphon
|
Pcs
|
1
|
Rp 700,000.00
|
Rp 700,000.00
|
Manual Brewing
|
Standart
|
7
|
Rok Presso
|
Pcs
|
1
|
Rp 2,500,000.00
|
Rp 2,500,000.00
|
Manual Brewing
|
Standart
|
8
|
Mesin Espresso
|
Pcs
|
1
|
Rp 50,000,000.00
|
Rp 50,000,000.00
|
Semi Otomatis
|
Standart
|
BARISTA TOOLS
| |||||||
1
|
Milk Jug
|
Pcs
|
2
|
Rp 180,000.00
|
Rp 360,000.00
|
Tools
|
Standart
|
2
|
Jigger
|
Pcs
|
1
|
Rp 60,000.00
|
Rp 60,000.00
|
Tools
|
Standart
|
3
|
Kulkas
|
Pcs
|
1
|
Rp 2,000,000.00
|
Rp 2,000,000.00
|
Tools
|
Standart
|
4
|
Thermometer
|
Pcs
|
1
|
Rp 80,000.00
|
Rp 80,000.00
|
Tools
|
Standart
|
5
|
Shaker
|
Pcs
|
2
|
Rp 100,000.00
|
Rp 200,000.00
|
Tools
|
Standart
|
6
|
Ice Scoops
|
Pcs
|
1
|
Rp 120,000.00
|
Rp 120,000.00
|
Tools
|
Standart
|
7
|
Kettle
|
Pcs
|
2
|
Rp 275,000.00
|
Rp 550,000.00
|
Tools
|
Standart
|
8
|
Grinder
|
Pcs
|
1
|
Rp 1,900,000.00
|
Rp 1,900,000.00
|
Tools
|
Standart
|
9
|
Grinder Manual
|
Pcs
|
1
|
Rp 300,000.00
|
Rp 300,000.00
|
Tools
|
Standart
|
10
|
digital scale
|
pcs
|
1
|
Rp 400,000.00
|
Rp 400,000.00
|
Tools
|
Standart
|
11
|
timer
|
pcs
|
1
|
Rp 95,000.00
|
Rp 95,000.00
|
Tools
|
Standart
|
12
|
box cooler
|
pcs
|
1
|
Rp 500,000.00
|
Rp 500,000.00
|
Tools
|
Standart
|
13
|
Water Boiler
|
Pcs
|
1
|
Rp 1,200,000.00
|
Rp 1,200,000.00
|
Tools
|
Standart
|
PERLENGKAPAN BAR
| |||||||
1
|
Gelas 100ml
|
Pcs
|
12
|
Rp 15,000.00
|
Rp 180,000.00
|
100 ml
|
Standart
|
2
|
Gelas Tubruk
|
Pcs
|
24
|
Rp 15,000.00
|
Rp 360,000.00
|
150 ml
|
Standart
|
3
|
Gelas Coffee Latte/cappucino
|
Pcs
|
12
|
Rp 40,000.00
|
Rp 480,000.00
|
150 ml
|
Standart
|
4
|
Gelas Sanger Panas
|
Pcs
|
12
|
Rp 15,000.00
|
Rp 180,000.00
|
150 ml
|
Standart
|
5
|
Gelas Jus
|
Pcs
|
12
|
Rp 15,000.00
|
Rp 180,000.00
|
450 ml
|
Standart
|
6
|
Gelas Minuman Dingin
|
Pcs
|
24
|
Rp 10,000.00
|
Rp 240,000.00
|
450 ml
|
Standart
|
7
|
Gelas Air Hangat
|
Pcs
|
24
|
Rp 15,000.00
|
Rp 360,000.00
|
450 ml
|
Standart
|
8
|
Stopless
|
Pcs
|
12
|
Rp 40,000.00
|
Rp 480,000.00
|
500 ml
| |
9
|
Server
|
Pcs
|
2
|
Rp 150,000.00
|
Rp 300,000.00
|
450 ml
|
Standart
|
PERALATAN DAPUR
| |||||||
1
|
CookWare
|
set
|
1
|
Rp 1,200,000.00
|
Rp 1,200,000.00
|
6 Pcs
|
Standart
|
2
|
Raicecookker
|
Pcs
|
1
|
Rp 450,000.00
|
Rp 450,000.00
|
Midle
|
Standart
|
3
|
Blender
|
Pcs
|
1
|
Rp 350,000.00
|
Rp 350,000.00
|
2 Pcs
|
Standart
|
4
|
Kompor Gas
|
Pcs
|
2
|
Rp 300,000.00
|
Rp 600,000.00
|
1 & 2 tungku
|
Standart
|
5
|
Tabung gas
|
Pcs
|
2
|
Rp 150,000.00
|
Rp 300,000.00
|
Standart
| |
6
|
Selang Gas low pressure
|
Pcs
|
1
|
Rp 80,000.00
|
Rp 80,000.00
|
Standart
| |
7
|
Selang Gas High pressure
|
Pcs
|
1
|
Rp 120,000.00
|
Rp 120,000.00
|
Lpg
|
Standart
|
PERLENGKAPAN DAPUR
| |||||||
1
|
Sendok Makan
|
Lusin
|
1
|
Rp 50,000.00
|
Rp 50,000.00
|
Standart
| |
2
|
Garpu
|
Lusin
|
1
|
Rp 50,000.00
|
Rp 50,000.00
|
Standart
| |
3
|
Pisau
|
Buah
|
2
|
Rp 25,000.00
|
Rp 50,000.00
|
Standart
| |
4
|
Piring
|
Lusin
|
2
|
Rp 200,000.00
|
Rp 400,000.00
|
Standart
| |
5
|
Piring Snack
|
Lusin
|
2
|
Rp 180,000.00
|
Rp 360,000.00
|
Standart
| |
6
|
Mangkuk
|
Lusin
|
1
|
Rp 250,000.00
|
Rp 250,000.00
|
Standart
| |
7
|
Serbet/Kain Lap
|
pcs
|
6
|
Rp 15,000.00
|
Rp 90,000.00
|
Standart
| |
8
|
Tirisan Minyak
|
pcs
|
1
|
Rp 30,000.00
|
Rp 30,000.00
|
Standart
| |
PERLENGKAPAN CAFE
| |||||||
1
|
Kursi & Meja
|
set
|
10
|
Rp 600,000.00
|
Rp 6,000,000.00
|
Standart
| |
2
|
Baki
|
pcs
|
2
|
Rp 75,000.00
|
Rp 150,000.00
|
Standart
| |
3
|
Dispenser
|
pcs
|
1
|
Rp 200,000.00
|
Rp 200,000.00
|
Standart
| |
TOTAL
|
Rp 176,900,000.00
|
Komentar
Posting Komentar